Dec 24, 2008

Strawberry Cake




Dec 23, 2008

Chocolate Cookies


Bahan :
180 gr mentega (atau margarin)
100 gr brown sugar/gula palm
75 gr gula kastor
1 sdm vanila ekstrak
1 bt telur
180 gr tepung terigu protein rendah
20 gr maizena
1 sdt baking powder
20 gr coklat bubuk kualitas bagus
100 gr mete, oven/sangrai, cincang kasar
75 gr chocolate chips

Cara Membuat :
1. Kocok mentega sebentar, masukkan campuran gula dan vanila, kocok lagi sampai lembut dan sebagian gula larut.
2. Tambahkan kacang mede, aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder yang telah diayak sebelumnya, aduk pelan asal rata.
4. Masukkan chocolate chips, aduk sebentar.
5. Ambil kurang lebih 1 sdt adonan, cetak pada loyang yang sudah dioles mentega, atur dan beri jarak.
6. Panggang 25-30 menit sampai pinggirnya kering. Tengahnya ga papa kalau masih agak empuk, nanti bisa kering sendiri setelah diangkat.
7. Diamkan sebentar diatas loyang, baru pindahkan ke rak kawat, biarkan dingin.

Dec 14, 2008

Devil's food cake Mba Erna



diameter 22 cm
spec :
base : devils food cake filling ganache
decorc : ganache, pagar coklat, pita

Nov 30, 2008

Donat donat...


Sebenernya udah sering bikin donat ini...dirumah ga ada mikser, jadi pake tangan aja nguleninya. Tapi karena tenaganya terbatas jadilah adonan donatnya cuma 1/4 resep aja. Yang ini ga pake dicetak2 sgala soale kan cuman dikit adonannya. Resepnya biasa...yang sering beredar dimilis ncc beberapa waktu yang lalu...Fotonya emang ga pake topping apa2, tujuannya cuma pengen bisa bikin donatnya aja kok...masalah topping aku cuma kasih gula halus (males..hehe)

Donat Empuk ala JCO
tabloid Lezat

Bahan A:
Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 850 g, siap pakai
Ragi Instan 30 g-->aku pakai 11 g
garam 10 g
Air Matang 600 ml

Bahan B:
Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 200 g
Garam 10 g
Susu Bubuk Full Cream 60 g
Gula Pasir 125 g
Telur ayam 100 g
Mentega Putih/shortening 125 g

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan.
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10 menit. Istirahatkan dalam wadah terutup selama 15 menit.
3.Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalucetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 menit.
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera
(aku cuma pake gula halus :))

Nov 27, 2008

Roses Tart


Yang ini pesenan temen baikku Rina yang lagi ultah. Dia minta yang feminin gitu...Karena orangnya dinamis aku bikinin aja model bunga2 colorfull nyontek blog mba Peni Respati. Bikin rosenya masih kasar sih...masih belajaran waktu itu (eh..sekarang juga masih ding, hehe) Dalemnya chocolate sponge cake pake BC biasa aja.

Mocca Tart


Sebenernya ini adalah hadiah ultah buat kakakku yang ultah beberapa waktu yang lalu. Udah agak lama sih. Tapi baru dipost sekarang. Dalemnya sponge cake cokelat, decornya pake BC moka+dcc. Hiasannya sederhana aja pake kacang cincang plus ceri biar ada merah2nya...:) Fotonya biasa aja soalnya belum belajar moto2...hehe

Sus Vla Vanila


Pesanan Mas Andri buat dikasih pacar barunya...:)
Sus gurih dengan isi vla vanila yang lembut membelai lidah...
Mas Andri mesen yang besar.

Nov 20, 2008

Kue Mangkok


Beberapa waktu yang lalu, ketika lagi rame2nya kue mangkok dibahas, aku nyoba juga bikin kue ini. Karena selain akunya suka, dirumah yang nungguin hasilnya banyak juga...karena emang penggemarnya pas lagi pada ngumpul. Hasilnya alhamdulillah mekar bagus. Padahal pas ngukus pertama hasilnya cuma mesem. Sempet kecewa dan sedih sih, trus aku tambahin sedikit baking powder, kukus lagi, hasilnya mekar dengan indahnya...Aku pake resep ala NCC (tetep)

Kue Mangkok Mekar

Bahan:
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 gr air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda
1 sdt baking powder

Cara membuatnya:

1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
5. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.
6. Bagi menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna merah dan hijau.
7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.

Nov 19, 2008

3rd anniversary and my husband's 31st birthday


Hari ini special banget buat kami...aku, dan suamiku. Ada 2 hal yang membuat hari ini begitu berarti. Pertama karena pas tanggal ini suamiku ultah ke 31...(congrats ya...muah..hehe:)) Trus yang kedua hari ini juga ulang tahun perkawinan kami yang ke 3 (duh..ga sabar pengen dapet baby nih..). Ga ada acara khusus sih...paling ntar malem kita mo diner aja diluar. Itupun kalo suamiku ga pulang kemaleman.

Sebulan yang lalu pas selesai kursus cake international di NCC, suamiku langsung pengen dibikinin opera cake untuk ultahnya buat dibawa kekantor. Wah....pas banget nih...Ternyata...suamiku ga mau opera yang gede seukuran kursus itu. Lha terus piye wong 1 resep jadinya ya segitu. Padahal dia tau oven tangkringku cuma hock no 3, kecil..:) Demi membahagiakan yang lagi ultah tadi malem nekat bikin si opera ini pake resep NCC. Karena oven kecil aku bikin 2x 1/2 resep yang aku bagi 3 untuk loyang 30 cm (karena loyangnya yang agak banyak stoknya ukuran ini, buat kuker), totalnya 6 layer. Ternyata hasilnya ketipisan menurutka, jadi lapisan jacondenya nyaris ga kelihatan. Mungkin lain kali dibagi 5 aja ya biar agak tebel. Semua resep aku patuhi plek. Karena setelah assembly hasilnya ketipisan, akhirnya aku potong jadi 2 trus ditumpuk. Bagus tuh. Kebetulan jaconde biscuit yang 1 loyang agak kegosongan jadi ga dipake. Harusnya jadi 12 lapis, karena ga pake 1 loyang jadi cuma 10 lapis. Setelah dipotong2 pinggirnya ukuran nyusut lagi jadi 14x28 cm. Hehe, jadi juga dia bawa opera ke kantor meski udah gak utuh lagi (suami minta dipotong2 sekalian) tapi rasanya ok banget....

Ada deg2annya pas bikin opera ini, pas baru manggang 1 loyang eh...gasnya habis...waduh gawat nih. Untungnya punya tetangga kok ya baik banget mau minjemin kompornya hihi...Dan saking amatirnya tuh kue ga sempet lagi dihias2 lagi. Langsung tadi pagi langsung dibawa...
Mudah2an kita bisa awet ya...saep...*_* love u.

Nov 17, 2008

Jajanan dari Tuban

Minggu kemarin baru nyampe dari pulang kampung...dalam rangka ketemuan ama keluarga kakakku Mas Dony yang datang jauh2 dari Qatar. Nyampe Tuban seneng banget liat keponakanku yang pas lahirnya ga sempet nengokin soalnya lahir disana. Tapi sedih juga, 3 anak kakakku semua sakit, maklum ya musimnya ga bersahabat. Mumpung lagi dirumah sempet2in jalan ke pasar baru Tuban. Tujuannya apalagi kalo bukan nyari jajan pasar. Tapi ternyata sampe sana segala jongkong, cenil dll dah habis...tinggal ketan urean sama thiwul.

Yang namanya ketan urean ini ga tau deh sebenernya asalnya darimana. Pertama kali tau ya dituban, makanan masa kecil. Penjualnya mesti hati2 katanya pas masak ketan ini, soalnya lebih susah dari ketan biasa. Kalo ga tepat ukurannya bisa gampang kelembekan. Sempet gimana gitu pas ibunya cerita dia mesti naik bis dari lamongan ke tuban cuma mau jual jajanan ini dipasar...mana dagangannya banyak lagi..Dia bilang pas mentahnya persis kaya merica, tapi merah. Rasanya enak, persis ketan, gurih....harganya jg murah...cuma rp. 500 sebungkus...ga salah bu? hehe murah banget.

Kalo thiwul kan udah banyak banget dijual dimana2. Dulu banget dipasar deket rumah aku suka beli thiwul ini tapi warnanya putih. Tapi kata kakakku thiwul ya dari dulu warnanya coklat...:) Thiwul ini favorit ayahku dan aku. Dirumah yang suka jajan pasar cuma aku dan ayahku. Ibuku lebih suka makan roti2an ama cake. Tapi ga doyan burger & pizza...hehe. Harga sebungkus thiwul sama juga, rp 500.

Besoknya pagi2 jalan ke jalan Ronggolawe ketemu serabi. Serabi yang ini rasanya gurih, bukan manis kaya serabi2 solo. Dibuat dari tepung beras nggiling sendiri, kelapa setengah tua parut, air dan garam. Semua diaduk2 trus dimasak pake wajan yang dari tanah tuh...Makannya pake kuah santan encer, gurih juga. Pas banget kalo dimakan pagi2 buat sarapan. Walopun keliatannya gampang tapi kalo ga biasa serabinya ga bisa bersarang lho...alias bantet..:) Ada yang bilang dikasih kemiri biar lebih gurih. Aku sih ga pernah bikin sendiri, selain ga tau resepnya juga ribet, mending beli wong harganya cuma 1500/2 buah, udah kenyang banget.
\
Yang paling menarik sih menurutku jajan yang namanya Dumbeg ini....hehe namanya aja aneh . Didaerah jawa tengah (rembang) katanya juga banyak yang jual kue ini. Pas ada kesempatan beberapa waktu yang lalu aku sempet maen ketempat nenekku dan liat langsung cara bikinnya. Wah...lebih ribet dari yang aku sangka...mesti bikin selongsongnya dulu. Nyoba bikin selongsong sendiri dari daun lontar (ini yang membedakan sama celorot selain juga gulanya pake gula aren asli)hasilnya mleyot2, ga bisa mengerucut kaya nenekku bikin...:) Bikin adonannya ga kalah ribet. Aku dulu pernah nyatet bahan2nya, tapi kok ketlisut lupa naruh. Kalo liat bikinnya sih sebenernya ga sabar, gimana engga nenekku masih bikin santen pake kelapa yang diparut sendiri! Mana kelapanya baru metik pula...Trus tepung berasnya bikin sendiri juga, cuma gula arennya aja yang beli.Total bikin segitu bisa 3-4 jam. Tapi hasilnya emang lain ama beli dipasar, lebih enak, asli gulanya dan bisa nambah terus makannya...:)

Ok deh...segitu aja sekilas tentang jajanan di Tuban. Masih banyak makanan khasnya seperti minuman Legen (dari pohon aren), keripik gayam, lontong ancah, becek mentok....dll....ah...jadi pengen pulang lagi....

Nov 9, 2008

Nov 8, 2008

Brownies


Yang gak terlalu suka dengan American Brownies yang agak padet, brownies ini boleh dicoba. Teksturnya lebih lembut dibanding american brownies. Tapi tetep nyoklat kok. Coba deh...
Aku ambil dari majalah Selera edisi bulan Oktober 2008.
BROWNIES COKLAT
Bahan :
150 gr margarin
200 gr coklat, cincang halus
3 bt kuning telur
75 gr gula pasir
65 gr terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
3 bt putih telur
50 gr mede cincang, panggang
Cara Membuat :
1. Lelehkan coklat dan margarin sampai cair, kocok kuning telur dan 25 gr gula pasir hingga sampai kental saja ga sampai mengembang.
2. Kocok putih telur dan sisa gula pasir sampai mengembang, campurkan dengan kocokan kuning telur dan tambahkan sisa bahan, aduk rata.
3. Tuang kedalam cetakan cupcake, panggang dengan suhu 180 derajat selama 10-15 menit (jangan lebih dari itu ya...nanti bronisnya ga moist). Hias dengan coklat cair.

Nov 5, 2008

Muffin Pisang Kenari

Masih dari bukunya Pak Wied Harry " Healthy Fast Food", Muffin ini enak banget, sehat pula. Bikinnya super gampang tinggal dicampur aja semua bahan, aduk bentar, cetak, panggang, jadi deh...Wangi pisang dan kenarinya bikin rumah harum muffin...:) Apalagi aroma kayu manisnya...Sekali bikin muffin ini langsung jatuh cinta deh. Aslinya memang ga terlalu manis karena ga pake gula sama sekali. Kalo suka manis boleh ditambah gula. Pas bikin yang kedua kali aku tambahin 3 sdm gula palm.

Muffin Pisang Kenari

Bahan :
300 gr tepung terigu (protein sedang)
100 gr rolled oat/quick cooking oats
2 sdt kayu manis
2 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
500 gr pisang ambon/barangan kupas, lumatkan (aku pake pisang raja yang mateng banget)
150 mL jus jeruk manis, dari kurleb 300 gr jeruk pontianak/medan/garut
4 bt telur kocok lepas
125 mL minyak goreng
125 gr kenari iris/ kacang mede, cincang
minyak goreng/mentega untuk olesan

Cara Membuat :
1. Panaskan Oven 180 derajat, oles cetakan muffin dengan minyak tipis2. Sisihkan 25 gr kenari untuk taburan.
2. Campur terigu, oat, kayumanis bubuk, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata. Tambahkan pisang, jus jeruk, telur dan minyak goreng. Aduk balik beberapa putaran pake spatula. CAmpurkan kenari/mede, aduk rata.
3. Tuang adonan dalam cetakan sampai penuh, tabur kenari/mede. Panggang 20-25 menit. Keluarkan dari oven, biarkan 15 menit. Keluarkan kue dari cetakan. Sajikan.

Strawberry Sacher Torte

low budget sacher cake dengan lelehan coklat diatasnya dan hiasan stroberi segar
berbentuk ring diameter 22 cm

Oct 21, 2008

Bolkus Gula Merah


Resep aslinya bolkus kara. Tapi gulanya aku ganti gula merah dengan berat sama dan aku tambahin bumbu spekuk sedikiiiit....Karena masih nyoba aku cuma bikin 1/3 dari resep. Hasilnya dapet 18 biji. Lumayan begitu mateng langsung diserbu ama 3 orang anak tetangga yang langganan maen kerumah....udah gitu pas aku tinggal tidur (anak2 dah biasa maen aku tinggal tidur..hihi), bangun2 kuenya tinggal 2 biji....laku keras...
Ini resepnya.



Bolkus Gula Merah
(semua dibagi 3 yaa..)

Bahan :
500 gr gula pasir (aku pake gula merah sisir sangat halus)
500 gr terigu segitiga
6 bt telur
200 cc santan
300 cc sprite
1 sdm emulsifier (SP)
vanili secukupnya
Pasta cokelat secukupnya
1/2 sdt bumbu spekuk

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan kecuali pasta cokelat dan mikser sampai mengembang dan kental banget kurang lebih 10 menitan.
2. Ambil kira2 5 sdm adonan campur dengan pasta cokelat, aduk rata
3. Tuang 3/4 penuh adonan dasar, tambahkan 1sdm adonan cokelat, tutup lagi dengan adonan dasar sampai penuh (peres)
4. Kukus dengan api besar selama 10 menit tanpa membuka2 tutup kukusan supaya mekar dan tidak mimpes.

Oct 19, 2008

Sep 21, 2008

kukers dagangan



Biarpun ga jualan gede gedean kaya tukang kuweh beneran, tapi order dari keluarga dan temen2 deket ini dah cukup bikin cape...gimana engga wong semuanya dikerjain sendiri. Mulai dari kulakan bahan, produksi, pengemasan sampe kirim ke customernya...hihi...maklum amatiran nih. Meski amatiran tapi kualitas kukernya tetep dijaga lho...pake bahan yang bener2 fresh dan bermutu..hehe. Kan yang makan keluarga dan temen sendiri masa mau ga enak, malu kan :)

Macemnya ada nastar (bulet dan lonjong), cornflake cookies, semprit, coconut cookies, chocochips, lidah kucing keju, chocorice, blueberi almond, putri salju, fruitmix almond dan lidah kucing sama kastangel. Yah lumayanlah biar cuma 7 lusin buat belajaran kaya aku ini...yang penting yang order seneng...Mudah2an tahun depan bisa lebih pinter lagi jualannya.

Sep 17, 2008

Semprit


Kue yang satu ini jadul banget deh...pertama kali bikin kuker ini pas masih SD..bantuin ibu bikin buat lebaran. Meskipun kuker jaman sekarang udah keren2 tapi yang satu ini masih menjadi kesukaan ibu. Dan demi membahagiakan beliau setiap tahun pasti aku bikin biar cuma sedikit...:p
Resep dibawah adalah resep asli dari beliau yang aku salin dari buku agendanya.


SEMPRIT

Bahan :
400 gr mentega/margarin
200 gr gula halus
2 bt kuning telur
600 gr terigu protein sedang
1/2 sdt vanili bubuk
ceri merah, hijau dan kismis potong2 untuk hiasan

Cara Membuat :
1. Kocok mentega, gula halus dan vanili sampai lembut. Tambahkan kuning telur, kocok sebentar asal rata.
2. Masukkan tepung terigu, aduk memakai sendok kayu sampai rata (jangan pakai tangan).
3. Cetak menggunakan cetakan kue semprit (beli di senin banyak)
4. hias tengahnya dengan ceri merah, seri hijau dan kismis, tekan sedikit.
5. Oven 25 menit sampai kecoklatan. Angkat, dinginkan.

Sep 11, 2008

Aug 25, 2008

Sus Komachi


Pas lagi beres beres dapur, eh nemu seonggok tepung komachi yang udah lama gak dipake2. Dulu waktu iseng beli tepung ini rencananya sih mau dipakai buat donat JCO. Apa daya karena belom ada miksernya kok ya rasanya males kalo mesti ngulenin pakai tangan...:) Karena takut bulukan (aku beli bulan april lalu) akhirnya jadilah si tepung komachi ini menggantikan cakra untuk kulitnya sus. Hasilnya bagus banget. Bisa ngembang dengan tingginya. Biar engga terlalu keras aku campur dengan tepung segitiga sedikit. Bisa kokoh, tapi lembut. Perfect.

Bahan Kulit :
200 mL air/susu
75 gr mentega
50 gr margarin
1/2 sdt garam
100 gr tepung komachi
50 gr tepung segitiga
1/2 sdt Baking powder
4 bt telur

Vla vanila :
400 mL susu cair
100 mL krim kental
100 gr gula pasir
55 gr maizena
2 bt kuning telur
1 sdm mentega

Cara membuat :

Kulit
1. Rebus air, mentega, margarin dan garam sampai mendidih, kecilkan api.
2. Masukkan tepung komachi dan segitiga, aduk sampai kalis (tandanya adonan tidak menempel di panci). Matikan api, biarkan sampai hangat.
3. Setelah adonan hangat, tambahkan telur satu persatu sambil diaduk/dimikser sampai rata.
4. Tambahkan baking powder, aduk sampai rata.

adonan kulit sus siap dicetak

6. Panaskan oven dengan suhu 200 oC
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag dengan spuit bintang/polos, cetak pada cetakan/loyang. Perhatikan, jangan sampai terlalu berdekatan.

kulit sus dicetak pakai cetakan pie kecil

6. Oven selama 20 menit pertama dengan suhu 200 oC, lanjutkan selama 10 menit dengan suhu 180 oC samapi kering dan permukaan kecoklatan.
7. Angkat, dinginkan.

gb atas kiri-kanan : kulit sus dipanggang pada menit ke 10 dan menit ke 15
gb bawah kiri-kanan : kulit sus dipanggang pada menit ke 20 dan menit ke 30

kulit sus mengembang bagus dalamnya kopong

bentuk eclair

Vla vanila
1. Campur susu dan gula pasir, sisakan sedikit susu untuk mencairkan maizena,panaskan.
2. Tuang larutan maizena, aduk dengan ballon whisk atau sendok kayu, biarkan sampai kental.
2. Campur krim dan kuning telur sampai rata, masukkan dalam adonan tepung.
3. Aduk cepat sampai rata, didihkan lagi sampai matang dan adonan licin.
4. Angkat, hilangkan uap panasnya.
5. Masukkan mentega, aduk sampai mentega leleh.
6. Tambahkan vanila ektrak, aduk rata. Biarkan dingin sambil sesekali diaduk.Masukkan piping bag.

Penyelesaian :
Gunting bagian samping kulit sus, semprot dengan vla sampai terisi penuh.

Tips membuat sus :
- Didihkan air dan mentega sampai mentega benar benar mencair (bening) sebelum memasukkan tepung.
- Tepung terigu protein tinggi akan menghasilkan kulit yang kokoh. Tepung terigu protein sedang menghasilkan kulit yang lembut. Campuran keduanya akan menghasilkan kulit yang kokoh namun lembut.
- Mentega yang digunakan dalam kulit sus akan menghasilkan rasa kulit lebih gurih dan wangi daripada margarin.
- Memanggang kulit sus harus dengan suhu tinggi pada awalnya (rak tengah) supaya mengembang sempurna, setelah itu baru turunkan suhu supaya kulit garing tanpa membuat kulit menjadi gosong (rak atas).
- Jangan sekali kali membuka pintu oven supaya sus tidak ambles akibat penurunan suhu yang drastis.
- Setelah kulit sus matang, segera dinginkan diatas rak kawat dan tusuk2 memakai tusuk gigi dibeberapa tempat supaya udara didalam kulit cepat keluar dan sus tidak terlalu basah bagian dalamnya.
- Kulit sus yang sudah matang bisa tahan sampai 2 hari dalam wadah kedap udara.





Aug 3, 2008

Tart bola


Ini idenya nyontek abis punya mbak peni...(mba...dah ijin kan...heheh) tapi ya gitu deh...hasilnya jauuuh banget ama aslinya...mana tulisane belepotan lagi..trus ga bisa bikin warna hitam jadilah abu2. Kata asisten mba peni pas nelpon suruh kasih pewarna gel. Tapi lagi ga punya trus dah ga sempet lagi beli. Ya udah yang ada aja biar abu2 juga ga papa..hihi. Ini pesenan temenku buat ultah suaminya yang seneng bola (thanks mba maya...). Mintanya cakenya yang ringan dan ga terlalu manis. Trus bolanya warna biru. Yang terima seneng banget meski masih berantakan :) Katanya kuenya enak ga eneg. Makasih tuk mba Peni yang udah ngajarin bikin bolanya...

Jul 28, 2008

Nastar



Ini resep nastar yang menurutku enak dan ga pecah.
Hasil akhirnya empuk..enak deh.

Nastar Special

Bahan kulit:
150 gr mentega
100 gr margarin
90 gr gula halus
3 bt kuning telur
50 gr susu bubuk
350 gr tepung terigu (kurang lebih)
1/2 sdt vanili bubuk

Olesan (aduk) :
2 bt kuning telur
1/2 sdt madu
1 sdt air
1 sdt minyak goreng

Selai Nanas :
1 buah nanas palembang, kupas, parut
200 gr gula pasir
2 cm kayu manis
2 btr cengkeh

Cara membuat :

Selai :
Masak nanas sampai airnya tinggal sedikit, masukkan gula pasir, kayumanis dan cengkih, masak lagi sampai jadi selai/liat dan bisa dibentuk.
Setelah dingin bentuk bulat bulat, simpan di lemari es.





Kulit :
1. Kocok mentega, margarin, vanili, gula halus sebentar aja asal lembek.
2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk, aduk pakai sendok kayu.
4. Istirahatkan adonan didalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.
5. Keluarkan adonan,biarkan sedikit lembut, ambil sejumput adonan, isi dengan selai yang sudah dingin, bulatkan.
6. Tata diatas loyang yang sudah dioles margarin tipis tipis, atur jangan terlalu berdekatan.









7. Oven dengan suhu 150oC selama kurang lebih 20 menit (3/4 matang).
8. Keluarkan dari oven, oles dengan bahan pengoles sampai rata.










9. Bakar lagi kurang lebih 15 menit sampai kuning kecoklatan.











Tips membuat nastar:
- Adonan diistirahatkan dalam lemari pendingin bertujuan supaya adonan lebih mudah dibentuk/tidak terlalu lengket. Ambil sedikit sedikit saja jangan sekaligus dikeluarkan dari lemari es.
- Jangan mengisi adonan dengan selai terlalu banyak supaya kue tidak pecah.
- Gunakan nanas palembang jangan nanas subang, karena nanas palembang seratnya lebih halus dan airnya tidak sebanyak nanas subang sehingga pemasakan tidak terlalu lama.
- Bila akan membuat selai dalam jumlah banyak blender aja agak kasar tapi jangan dikasih air, tetapi untuk hasil yang bagus sebaiknya diparut saja.
- Suhu oven jangan terlalu panas nanti bisa pecah.
- Membentuk selai bulat2 bertujuan supaya pas pengisian pada adonan kulit lebih mudah dan tidak belepotan.
- Tunggu sampai benar2 dingin baru nastar boleh dimasukkan toples.
- Bila ingin nastar yang renyah gunakan 2 kuning telur dan 1 putihnya.
- Bisa juga ditambah keju permesan yang diparut sebanyak 50 gr dengan mengurangi terigu kurang lebih 25 gr (disesuaikan dengan kelembekan adonan).



Kue kering Kacang Chocochips

Kuker ini bikinnya guampang banget dan cepet. Kalo lagi jualan kuker biasanya aku selalu jual yang ini...

Kue kering Kacang Chocochips

by Sedap

Bahan :
75 gr margarin
100 gr mentega
125 gr gula tepung (modif : 70 gr brown sugar+60 gr gula tepung)
1 bt telur
100 gr kacang tanah, shangrai/oven, cincang kasar
190 gr tepung terigu protein rendah
20 gr susu bubuk
20 gr maizena
50 gr chocochips

Cara Membuat :
1. Kocok mentega, margarin dan gula tepung 30 detik.
2. Tambahkan telur, kocok rata.
3. Masukkan kacang tanah, aduk.
4. MAsukkan campuran tepung, maizena dan susu bubuk, aduk menggunakan sendok kayu.
5. Tambahkan chocochips, aduk rata.
5. Sendokkan ke loyang yang dioles margarin tipis, beri jarak (karena bakalan bleber)
6. Oven 25 menit dengan suhu 1600C sampai matang kecoklatan.
7. Biarkan sampai betul2 dingin baru masukkan toples.

untuk 600 gr.

Jul 10, 2008

Sport Mania


Sport theme chocolate
Price : @8000

Jun 20, 2008

putu ayu gula merah



PUTU AYU GULA MERAH
sumber www.dapurbunda.com

Bahan :
2 butir telur
50 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili
130 gr terigu
100 mL santan kental
1/4 buah kelapa muda, parut
1/2 sdt garam
1 helai daun pandan

Cara membuat :
1. Taruh kelapa parut yang sudah diberi garam dan diaduk rata kedalam cetakan putu ayu, tekan2 sedikit biar padat, sisihkan.
2. Panaskan kukusan/dandang, masukkan daun pandan kedalam air pengukus (biar wangi).
3. Kocok telur, gula merah, gula pasir, garam, vanili dan emulsifier sampai kental.
4. Masukkan tepung terigu bergantian dengan santan kental, aduk hingga rata
5. Tuang 1 sdm penuh adonan kedalam cetakan.
6. Kukus kurang lebih 10 menit, angkat.

devil's food cake



Cake yang satu ini memang menggoda untuk dicoba. Dapet resepnya dari buku "BOLU dan CAKE" keluaran Yasaboga yang uendang bambang dan nyoklat banget. Ada beberapa bahan yang ga punya, so...aku ganti sesuai isi lemari. Dan hasilnya...? Memuaskan...Mungkin kalo bahan aslinya ada bakalan nambah memuaskan lagi. Apalagi dimakan besoknya, kue ini makin legit aja. Di buku, cake ini tengahnya dioles ganache dan atasnya juga. Tapi berhubung cita2 cuma bikin cakenya aja aku ga bikin ganachenya..



Devil's Food Cake
source Yasaboga


Bahan :
125 g mentega
185 g brown sugar (aku pake 130 g gula palm + 55 g gula pasir)
1 sdm kopi instant (nescafe),larutkan dg 1 sdm air mendidih
2 bt telur, kocok lepas
1 sdt vanili (aku pake vanila cair)
185 yogurt (ganti buttermilk bikinan sendiri :))

Campur dan ayak :
165 g terigu kunci
60 g cokelat bubuk (aku pake 45 g)
1 sdt soda kue


Cara Membuat :
1. Pasan oven 170oC. Siapkan loyang diameter 20 cm, beri alas kertas roti, oles margarin.
2. Kocok mentega dan gula hingga lembut, masukkan larutan kopi dan vanila, aduk rata.
3. MAsukkan kocokan telur dan campuran tepung bergantian dengan yogurt sambil diaduk rata.
4. Tuang adonan kedalam loyang, panggang hingga matang kurang lebih 60 menit.
5. Potong sesuai selera.