Aug 25, 2008

Sus Komachi


Pas lagi beres beres dapur, eh nemu seonggok tepung komachi yang udah lama gak dipake2. Dulu waktu iseng beli tepung ini rencananya sih mau dipakai buat donat JCO. Apa daya karena belom ada miksernya kok ya rasanya males kalo mesti ngulenin pakai tangan...:) Karena takut bulukan (aku beli bulan april lalu) akhirnya jadilah si tepung komachi ini menggantikan cakra untuk kulitnya sus. Hasilnya bagus banget. Bisa ngembang dengan tingginya. Biar engga terlalu keras aku campur dengan tepung segitiga sedikit. Bisa kokoh, tapi lembut. Perfect.

Bahan Kulit :
200 mL air/susu
75 gr mentega
50 gr margarin
1/2 sdt garam
100 gr tepung komachi
50 gr tepung segitiga
1/2 sdt Baking powder
4 bt telur

Vla vanila :
400 mL susu cair
100 mL krim kental
100 gr gula pasir
55 gr maizena
2 bt kuning telur
1 sdm mentega

Cara membuat :

Kulit
1. Rebus air, mentega, margarin dan garam sampai mendidih, kecilkan api.
2. Masukkan tepung komachi dan segitiga, aduk sampai kalis (tandanya adonan tidak menempel di panci). Matikan api, biarkan sampai hangat.
3. Setelah adonan hangat, tambahkan telur satu persatu sambil diaduk/dimikser sampai rata.
4. Tambahkan baking powder, aduk sampai rata.

adonan kulit sus siap dicetak

6. Panaskan oven dengan suhu 200 oC
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag dengan spuit bintang/polos, cetak pada cetakan/loyang. Perhatikan, jangan sampai terlalu berdekatan.

kulit sus dicetak pakai cetakan pie kecil

6. Oven selama 20 menit pertama dengan suhu 200 oC, lanjutkan selama 10 menit dengan suhu 180 oC samapi kering dan permukaan kecoklatan.
7. Angkat, dinginkan.

gb atas kiri-kanan : kulit sus dipanggang pada menit ke 10 dan menit ke 15
gb bawah kiri-kanan : kulit sus dipanggang pada menit ke 20 dan menit ke 30

kulit sus mengembang bagus dalamnya kopong

bentuk eclair

Vla vanila
1. Campur susu dan gula pasir, sisakan sedikit susu untuk mencairkan maizena,panaskan.
2. Tuang larutan maizena, aduk dengan ballon whisk atau sendok kayu, biarkan sampai kental.
2. Campur krim dan kuning telur sampai rata, masukkan dalam adonan tepung.
3. Aduk cepat sampai rata, didihkan lagi sampai matang dan adonan licin.
4. Angkat, hilangkan uap panasnya.
5. Masukkan mentega, aduk sampai mentega leleh.
6. Tambahkan vanila ektrak, aduk rata. Biarkan dingin sambil sesekali diaduk.Masukkan piping bag.

Penyelesaian :
Gunting bagian samping kulit sus, semprot dengan vla sampai terisi penuh.

Tips membuat sus :
- Didihkan air dan mentega sampai mentega benar benar mencair (bening) sebelum memasukkan tepung.
- Tepung terigu protein tinggi akan menghasilkan kulit yang kokoh. Tepung terigu protein sedang menghasilkan kulit yang lembut. Campuran keduanya akan menghasilkan kulit yang kokoh namun lembut.
- Mentega yang digunakan dalam kulit sus akan menghasilkan rasa kulit lebih gurih dan wangi daripada margarin.
- Memanggang kulit sus harus dengan suhu tinggi pada awalnya (rak tengah) supaya mengembang sempurna, setelah itu baru turunkan suhu supaya kulit garing tanpa membuat kulit menjadi gosong (rak atas).
- Jangan sekali kali membuka pintu oven supaya sus tidak ambles akibat penurunan suhu yang drastis.
- Setelah kulit sus matang, segera dinginkan diatas rak kawat dan tusuk2 memakai tusuk gigi dibeberapa tempat supaya udara didalam kulit cepat keluar dan sus tidak terlalu basah bagian dalamnya.
- Kulit sus yang sudah matang bisa tahan sampai 2 hari dalam wadah kedap udara.





Aug 3, 2008

Tart bola


Ini idenya nyontek abis punya mbak peni...(mba...dah ijin kan...heheh) tapi ya gitu deh...hasilnya jauuuh banget ama aslinya...mana tulisane belepotan lagi..trus ga bisa bikin warna hitam jadilah abu2. Kata asisten mba peni pas nelpon suruh kasih pewarna gel. Tapi lagi ga punya trus dah ga sempet lagi beli. Ya udah yang ada aja biar abu2 juga ga papa..hihi. Ini pesenan temenku buat ultah suaminya yang seneng bola (thanks mba maya...). Mintanya cakenya yang ringan dan ga terlalu manis. Trus bolanya warna biru. Yang terima seneng banget meski masih berantakan :) Katanya kuenya enak ga eneg. Makasih tuk mba Peni yang udah ngajarin bikin bolanya...