Nov 30, 2008

Donat donat...


Sebenernya udah sering bikin donat ini...dirumah ga ada mikser, jadi pake tangan aja nguleninya. Tapi karena tenaganya terbatas jadilah adonan donatnya cuma 1/4 resep aja. Yang ini ga pake dicetak2 sgala soale kan cuman dikit adonannya. Resepnya biasa...yang sering beredar dimilis ncc beberapa waktu yang lalu...Fotonya emang ga pake topping apa2, tujuannya cuma pengen bisa bikin donatnya aja kok...masalah topping aku cuma kasih gula halus (males..hehe)

Donat Empuk ala JCO
tabloid Lezat

Bahan A:
Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 850 g, siap pakai
Ragi Instan 30 g-->aku pakai 11 g
garam 10 g
Air Matang 600 ml

Bahan B:
Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 200 g
Garam 10 g
Susu Bubuk Full Cream 60 g
Gula Pasir 125 g
Telur ayam 100 g
Mentega Putih/shortening 125 g

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan.
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10 menit. Istirahatkan dalam wadah terutup selama 15 menit.
3.Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalucetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 menit.
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera
(aku cuma pake gula halus :))

No comments:

Post a Comment