Dec 15, 2010

Resep Klepon


Berkali kali percobaan bikin kleponn...akhirnya aku bisa juga hehe...tapi resepnya hanya kira2 terutama cairannya soalnya gak diukur. Kalo mau cantik pake air perasan daun suji dan pandan. Asli wanginya enak daripada pake esence..yang mau coba ini resepnya ya :

Bahan :
125 gr tepung ketan
20 gr tepung beras
1 sdt air kapur sirih
50 mL air perasan suji+pandan wangi
1/2 sdt garam
100 mL santan panas (kurang lebih yaa..)

Isi :
gula merah disisir halus untuk isian

Taburan :
Kelapa parut memanjang, dikasih garam dikit

Cara membuat :
Campur semua bahan kulit, uleni sampai gampang dipulung (kalo santannya kurang ditambah sedikit2). Nuang santan sedikit2 ya jangan sekaligus, nanti kelembekan. Kalo kurang bisa ditambah lagi.

Kalo sudah ambil sejumput pipihkan ditangan, isi dengan gula merah sisir, lalu pulung sampai rapi, jangan sampai gulanya berantakan nanti meletus.

Didihkan air lalu cemplungkan bola2 klepon kedalamnya dan tunggu sampai mengapung, tanda udah matang, tiriskan. Langsung gulingkan ke kelapa parut sampai rata.

Siap dimakan..hati2 nyeprot gulanya :D

No comments:

Post a Comment