Jan 28, 2011

Resep Sus Vla Vanilla

penampakan kulit sus sebelum diisi vla

Resep kue soes ini udah banyaaak banget diposting di blog teman2 dengan berbagai variasi nya...tapi...di keluargaku yang paling favorit adalah kue soes isi vla vanilla yang lembuut membelai lidah..

Karena keluarga yang di surabaya juga ngefans berat ama kue ini...aku bawain aja buat oleh2. Alhamdulillah...ludes tak bersisa...

Yang pengen bikin aku share resepnya ya, aku ambil dari milis NCC dengan vla yang aku modif sedikit sesuai dengan seleraku :D

Resep Soes Vla Vanilla

Kulit :
150 mL air + 50 mL susu cair (yang ini tujuannya supaya warnanya bisa coklat cantik)
125 gr mentega (boleh margarin, tapi mentega menghasilkan kulit lebih gurih, wangi dan krispi)
1/2 sdt garam
100 gr tepung cakra + 50 gr segitiga
4 bt telur ukuran sedang (tidak terlalu besar)

Isi Vla lembut :

400 mL susu cair (aku pake ultra)
100 mL krim kental (aku pake elle vire)
100 gr gula pasir
70 gr tepung maizena
2 bt kuning telur
1 sdm mentega
1 sdt extrak vanilla (bisa pake essense vanili)

Cara membuat :
Kulit :
Didihkan air, susu dan mentega, kecilkan api, masukkan tepung terigu sekaligus.
Aduk sampai licin dan tidak lengket di panci. Angkat, biarkan hangat.
Masukkan telur satu persatu aduk dengan sendok kayu sampai licin. (Kalo buat banyak aduknya pake mikser ya biar gak capek dan cepet nyampur).
Cetak pake spuit bintang di loyang, kalo aku bikin aku cetak di cetakan pie uk sedang jadinya sekitar 25 buah.
Oven dengan suhu tinggi (190 derajat) sampai kecoklatan dan tidak ada busa. Angkat.
Belah tengahnya isi dengan vla. Sajikan.

Isi Vla :
cairkan tepung maizena, kuning telur dan susu aduk sampai licin dan tepung semuanya larut.
Masak susu, krim dan gula dengan api kecil sambil diaduk2 pake ballon whisk sampai gula larut. Kecilkan api.
Masukkan larutan maizena, aduk2 cepat sampai menjadi vla yang lembut. Matikan api. Masukkan mentega, aduk sampai mentega leleh dan menyatu. Biarkan sebentar.
Masukkan vanilla, aduk2 sesekali sampai dingin supaya vla mengkilat dan lembut. Siap untuk isian


4 comments:

  1. makasi yaa resepnyaa. aku pengen bisa bikin sus yang kayak di mr puff tuh. enak bgt,hehe.

    ReplyDelete
  2. mba yeni makasih resep nya,,, aku udah coba dan berhasil,,, senang nyaa

    ReplyDelete
  3. Mw nnya ni tepungnya knp hrs segitiga 100 cakra 50, kl qt pakai segitiga aja bs g?

    ReplyDelete
  4. Aku sudah coba buat resep ini jadinya bagus banget+vlanya enak gak bau amis. Tapi aku mau tany emang kalo panggang kue sus ini harus benar" kuning bgt ya?

    Aku sudah panggang sampai kuning gt,busa"nya juga sudah hilang tapi tas aku mau ambil masih nempel di loyangnya(loyangku sudah di oles margarin kok). Terus pas aku pake songketan gt malah bagian bawahny tipis" gt kayak kl di teken sedikit saja lgsg bolong.

    tapi kalo pas yg ke2 aku ampe bener" kuning malah keras tapi sudah coklat banget bagian bawah dari susnya. Apa kalo kita panggang kue sus harus pake api atas ya?

    Thank you for the recipe

    ReplyDelete